Friday 3 October 2008

Tailgating

Tahu kan tailgating, itu lho gaya orang-orang bego nyetir yang ngerasa superior banget, nyetir tanpa ngejaga jarak yang aman. Kalo nyetir pelan-pelan (atau tidak ada kecepatan sama sekali alias macet atau udah parkir) boleh deh deket-deket, setengah mili juga jaraknya nggak apa-apa. Tapi kalo lagi nyetir kecepatan tinggi, yah jaga dong jarak yang aman, nempel 30 cm di pantat mobil gua dengan kecepatan 70km/jam itu nggak aman, tante. Dodol abis tuh emang tante, hanya karena speed limit ditulis 80km itu bukan berarti eloe mesti dan harus nyetir dengan kecepatan segitu juga tanpa merhatiin gimana keadaan traffic. Di depan tuh traffic penuh ngerti nggak, macet, emang dengan nyalip secara tiba-tiba dari sebelah kiri itu dan eloe bisa sampe di tujuan 2 detik lebih awal itu bisa menyelamatkan dunia? Nggak baca apa di kaca belakang gua itu ada jelas-jelas tulisan "BABY ON BOARD". Setahu gua tes untuk dapet SIM tuh merangkup tes mata juga kan.

Bisa beli mobil cepet, mobil dengan tenaga gede bukan berarti eloe juga punya ijin untuk mengemudi seperti orang gila.

Yang gua heran tuh kejadian kemaren tuh bukan melibatkan anak-anak muda yang baru dapet SIM, dan dengan mobil yang diceperin, tenaga gede, musik jedang-jedung, yang ngerasa kalo nggak nyetir cepet harga dirinya bakalan turun di depan mata temen-temennya.... ntar deh kalo udah tabrakan baru ngomongin harga diri lagi. Sekali lagi, bisa beli mobil cepet, mobil dengan tenaga gede bukan berarti nyawa eloe nambah.

Kejadian kemaren tuh melibatkan diri gua sendiri, anak gua yang lagi agak-agak bete karena jalanan macet dan ngantuk, dan ini tante-tante yang dengan ke-pede-annya memutuskan kalo pedal gas itu mesti dinjek sedalem-dalemnya. Jadi kejadian kemaren juga sekaligus membuktikan, kalo orang dodol tuh nggak stereotype orang-orang tertentu, di mana-mana, umur berapa, nggak peduli jenis kelamin apa, ada aja orang dodol.

Tailgating itu nggak pernah aman, kalo eloe nggak ngerasa itu berbahaya karena semua pebalap juga nyetirnya begitu, coba deh mikir, mereka tuh tiap hari latihan, udah kerjaannya tiap hari mereka begitu, refleksnya jauh lebih cepet, dan tetep aja ada yang tabrakan. Kalo eloe bilang ah selama ini gua nggak apa-apa, yah anggep aja eloe masih beruntung, masih bisa baca blog ini, jadi anggep buat peringatan juga gitu.

So saran gua buat para tailgaters dan juga semua orang yang nyetirnya kayak orang edan....... nggak ada, eloe udah pada gede semua udah punya SIM artinya udah dewasa (walaupun mungkin otak eloe belum developed penuh, tapi sama negara tuh udah diputusin kalo eloe udah termasuk dewasa), udah tahu mestinya bedanya yang bahaya sama yang nggak, tapi kalo eloe mau cari mati, gua bilang tolong ke laut aja, jangan nyelakain orang laen juga.

1 comment:

Anonymous said...

Haha! Di laut tailgating hiu aja ya apa penyu gitu.