Thursday 2 October 2008

Reality, what a concept!

Realita tuh emang pahit yah, tapi kalo kita nggak ngerasain yang pahit, gimana bisa tahu yang manis. Tapi bukan berarti semua yang ada di kehidupan itu pahit, tergantung kita naro benchmark pahit - manis itu di mana. Kalo kita ngebandingin kehidupan kita yang biasa-biasa sama kehidupan orang-orang selebritis yang bisa ngapain aja yah nggak ada manis-manisnya deh kehidupan kita. Kita mesti bisa terima kasih sama apa yang kita punya, bukan sama apa yang kita nggak punya. Lagian orang-orang yang keliatannya bahagia dengan semua materi yang dia punya itu belum tentu bahagia.

Gini deh gampangnya, kalo kita tiap hari makan nasi goreng, setahun aja, kita udah nggak bisa lagi deh ngerasain apa enaknya nasi goreng itu. Tapi kalo kita misalnya cuman makan nasi putih terus, eh tahu-tahu sekali waktu bisa dapet nasi goreng, waaaaa nikmat banget kan. Nah sama aja tuh orang-orang yang bergelimangan materi, mereka tiap hari yah begitu-begitu aja, nggak bisa deh ngerasain kenikmatan yang kita rasa.

Contoh laen deh, misalnya sekarang tuh kita kalo mau beli barang, apa yah, misalnya mobil, kan kita mesti kerja, nabung dan akhirnya kesampean beli mobil, waaaa... pasti seneng banget kan, mobil dipake serasa empuk banget gitu. Tapi kalo misalnya kita tuh duitnya segudang, mau beli mobil tinggal nyomot doang di bawah sofa (keselip), mana kerasa nikmatnya, pasti beli mobil biasa-biasa aja... kayak beli kacang goreng (note: ini bukan menghina kacang goreng, kacang goreng itu enakkkkk, tapi kan nggak senikmat habis nabung terus beli mobil gitu).

Makanya orang-orang Indo tuh mesti banyak yang ngeliat gimana dia ngejalanin hidupnya, banyak banget tuh yang gua liat masih mentingin materi. Manjain anak-anaknya pake materi, anaknya kalo bisa nggak susah sama sekali, semua-semua dilayanin, semua-semua dikasih yang manis-manis aja. Nah pas di kehidupan nyata deh, kena realita yang pahit, langsung deh collapse dunianya, hancur. Nggak ada persiapan sama sekali, kebiasaan yang manis-manis, begitu dapet pahit nggak tahu mesti ngapain.

Akhirnya yah banyak kan orang-orang Indo yang masih nggak dewasa, yang nggak bisa nerima gitu kalo realita kehidupan tuh begini. Punya anak tapi masih banyak maen, egois gitu, anak ditinggal sendiri. Sampe ada juga tuh yang udah punya anak, terus si anak minta uang... bukan buat maen, tapi buat sekolah. Si Nyokap malah takut, takut kurang, bukan kurang buat kehidupan sehari-hari, tapi takut kalo sampe nggak bisa jalan-jalan.... edan banget kan. Nah untungnya si Bokap masih punya akal sehat jadi anaknya dikasih duit gitu (buat sekolah gua ulang sekali lagi, bukan buat obat terlarang, bukan buat bikin sel-sel teroris, bukan buat dipake bayar pembunuh, tapi buat SEKOLAH). Eh si Nyokap nggak terima, terus ujung-ujungnya malahan minggat dari rumah...... asli deh kekanak-kanakan banget. Yang kasian yah sang anak lah.

Jadi ngegedein anak tuh susah juga, tapi lebih susah ngegedein (nge-dewasa-in) sebagian orang-orang yang sudah jadi orang tua, tapi secara tidak sadar masih kanak-kanak... yah ini deh realita.

No comments: