Monday 27 October 2008

Nyolong

Manusia tuh tukang nyolong! Hah masa sih? Iya lah, mungkin nggak semuanya secara terang-terangan pake stoking buat nutupin kepala sambil ngacungin senjata AK-47 ke depan kasir bank berjerawat yang melongo karena nggak tahu mesti mencet alarm bank dan resiko ketembak, atau mulai masuk-masukin duit bergepok-gepok ke dalem karung bergambar $. OOT kok kalo di film-film kartun uang tuh digambarinnya dengan karung bergambar $ yah? Emang ada yang pake karung bergambar $ ini untuk bawa-bawa duit?

Anyway, balik lagi ke fakta kalo manusia itu tukang nyolong, kita tuh semua pasti pernah nyolong. Ada yang nyolong waktu kantor buat nulis blognya, ada yang nyolong denger tetangga yang lagi ribut, ada yang nyolong "tahu" di laksanya waktu temennya mau beli minum, tapi karena buru-buru akhirnya "tahu"-nya jatoh ke bawah meja, dan ada juga sampe yang nyolong beneran pake ngacungin senjata AK-47 itu tadi.

Terus kok nggak semua orang yah nyolong? Banyak deh alesannya, ada yang karena takut (takut ketahuan, takut sama agama, takut sama karma, takut sama satpam), ada yang baek beneran, ada yang belum (belum dapet kesempatan gitu), dan ada juga yang munafik (mau nyolong tapi pura-pura nggak mau) hahaha.

Nah sekarang kita bahas deh, apa nyolong itu jahat? Secara umum sih yah jahat lah, kan nyolong itu merugikan orang laen. Tapi gimana kalo misalnya nggak ada yang dirugikan? Misalnya nyolong denger itu tadi? Yang ini nggak tahu deh, gimana menurut batasan moral eloe orang aja, tapi semisalnya cuman nyolong denger aja tetep aja ada yang dirugikan, yaitu pihak yang nggak mau komunikasi dengan yang nyolong denger itu. Biarpun sebenernya konyol, gimana caranya kita nggak ikutan nyolong denger kalo si tetangga tereak-tereak di tengah malem dan disambung dengan tangisan yang memilukan hati oleh sang cewek, disambung dengan tereakan-tereakan laennya..... sayang aja pake bahasa yang gua nggak ngerti, dan gua nggak punya tape recorder.

No comments: