Saturday 4 October 2008

Gadgetry

Hidup di jaman sekarang ini enak, gadget apa juga ada.

Sekarang nih mau apa aja bisa deh, mau dengerin musik sambil jalan-jalan ada ipod, atau mp3 player laennya, dulu juga bisa sih, tapi kan dulu pake walkman artinya cuman bisa dengerin 1 kaset, atau dengerin radio deh, belakangan keluar tuh discman, tapi tahu sendiri gimana kalo dipake jalan bawa-bawa discman langsung aja deh skip-skip.... oh yah terus ada juga boombox (jamannya breakdance masih ngetop), hehehe, tapi ipod kan efisien banget, masukin mp3 ke ipod yang nggak lebih gede dari kotak korek api bisa puluhan ribu lagu, sampe kiamat juga nggak abis deh lagu-lagunya. Download juga gratis (disclaimer: monyet merah tidak mendukung illegal download, monyet merah juga tidak mendapat promosi dari apple, walaupun dapet ipod gratis), dan nggak usah takut sama yang namanya kualitas, kaset bisa kusut, cd bisa kegores / bengkok / pecah, mp3... paling nggak sengaja keapus.

Mobile phone udah nggak cuman item putih lagi layarnya, sekarang mobile phone udah bisa dipake sebagai kamera, mp3 player, buat ngecek email, browsing internet, masak telor goreng, buat ganjel pintu, ngelempar maling, buka kulit kacang, pokoknya serba bisa deh. Harganya juga udah jauh banget sama waktu jaman dulu, waktu harga mobile phone sama mobil beneran cuman beda dikit (ukurannya juga nggak beda jauh sama mobil).

Kamera, sejak ada yang namanya digital camera, nggak ada lagi tuh photo yang jelek banget (photo jelek sih masih ada, orang jelek juga masih banyak), tinggal asal jepret aja, nggak perlu nunggu sampe cuci cetak dan sadar kalo photo-nya pada kebakar (inget nggak istilah ini), atau lupa buka tutup lensa, atau matanya nutup (kalo yang sipit banget sih emang agak susah dibedain).

Laptop, notebook, netbook atau apalah namanya makin kecil aja, dulu Bokap gua pernah nunjukin laptopnya (hmmm, mungkin nggak cocok disebut laptop, mungkin lebih cocok disebut portable computer deh), masih inget tuh merek Osborne, beratnya sekitar 20 kg, keyboardnya segede papan setrika (ini gua lebih-lebihin dikit), layar monitornya paling cuman 10 cm diagonal dan monochrome (alias cuman keluar warna ijo doang), nggak ada yang namanya hard drive, pake disk drive yang gede pula 5.25 inch, isinya paling cuman 360KB. Belom ada tuh yang namanya USB, thumbdrive etc.

Belom lagi perkembangan internet. Apa aja ada, semua orang mendadak jadi pinter, jadi ahli segalanya, yang bego-bego aja bisa bikin blog seperti begini (gua nggak termasuk bego, cuman lelet aja). Biarpun informasi belum tentu bener tapi karena ada di internet langsung ditelen mentah-mentah, asal pasang statistic dikit aja langsung deh percaya (menurut statistic 56% informasi di internet itu nggak bisa dipercaya*).

GPS, wah, sekarang mana bisa nyasar lagi, udah ada GPS, ke mana-mana tinggal mencet tombol langsung tahu mesti belok kiri, belok kanan, terus, loncat lobang, ngasih jari tengah yang barusan nyalip dan laen sebagainya. Seperti adek gua pernah bilang, sekarang orang bego juga bisa nyetir, asal ada duit aja.

Tapi rasanya kok enak jaman dulu yah, jaman nggak ada mobile phone, jaman nggak ada GPS, jaman nggak ada ipod, semuanya simple... atau gua aja yang lagi bernostalgia.... hmmm jadi kepengen makan coklat superman (ada yang tahu kenapa sekarang namanya jadi coklat superstar? ketahuan sama DC comics?)

* sumber: tebakan asal-asalan, hahahaha.

No comments: