Wednesday 1 October 2008

Sepakbola dan perwasitan

Bola satu dikejar 20 orang, kiper sih nggak usah ngejar, bolanya kan dateng sendiri, wasit juga nggak ngejar bola soalnya dia nggak boleh ikutan maen. Wasit tuh kayak anak bawang deh. Inget nggak dulu kalo kita maen petak umpet, petak jongkok, dan petak-petak laennya, pasti aja ada anak bawang, biasanya tuh anak tetangga yang nggak seumuran dan masih kecil. Anak bawang tuh yang cuman ikutan lari-lari tapi dia nggak bisa "jadi", sebenernya dia tuh kasian yah cuman ikutan cape tapi nggak bisa bener-bener ikutan maen. Nggak bisa bener-bener menikmati permainan gitu.

Nah apa wasit juga sama yah? Mereka cuman bisa ikutan lari-lari tapi nggak bisa ikutan maen (belum lagi bayarannya kan jauh banget tuh sama yang maen). Jadi mereka tuh yang jadi anak bawang "plus", plusnya itu kayak anak tukang ngadu gitu, "Eh kok maen pake tangan?" PRITT, gua laporin ke Nyokap gua atau "Eh, kok itu ditendang kakinya?" PRITT, gua laporing ke Bokap gua, dan coba aja kalo sampe nyentuh wasit, langsung deh kena hukum... persis deh sama anak bawang. Dan sekarang ini anak bawang-anak bawang ini banyak bikin ulah, salah ngasih keputusan, seenaknya ngasih penalti, atau malah ngasih gol seenaknya, jadi kayak anak kecil gitu, pengen dapet perhatian, kan sekarang jadi ikutan ngetop. Biasa kan kalo abis pertandingan bola tuh paling yang diinget yang maennya bagus, yang nyetak gol, yang nyelametin gawang, tapi wasit pasti nggak pernah disinggung.

Dengan ngasih keputusan yang controversial begini kan jadinya wasit jadi disinggung-singgung tuh di tv, koran dan berbagai media laennya (ini aja gua sambil dengerin podcast dan sebagian isinya ngebahas wasit-wasit edan, masih termasuk wasit yang ngasih gol ke Reading itu, padahal udah 2 minggu yang lalu, nggak ada pemaen laen / manager yang disinggung dari pertandingan itu).

Nah, kalo hakim garis (linesmen), itu lebih parah lagi dari anak bawang, itu kayak anak tetangga laen yang nggak diajakin maen sama sekali, jadi cuman bisa lari-lari di pinggir...

No comments: