Sunday 28 September 2008

Monoton vs Sporadik

Kehidupan monoton tuh ada enaknya ada nggak enaknya, enaknya yah semua tuh kan predictable, nggak enaknya yah pasti aja bosen. Semua kegiatan di kehidupan monoton tuh bisa ditebak, paling beda dikit-dikit lah. Kayak ada rumusnya gitu.

K = c1 + c2+ ... + cn + v

K = kegiatan kita
c1 = kerja / sekolah
c2 = makan - minun
c tuh pokoknya yang constant, dan tambah satu v - variable yang nggak selalu terjadi sehari-hari.

Kegiatan kita sih biasa-biasa aja, selalu aja ada unsur variable, tapi paling kan nggak jauh-jauh dari kegiatan sehari-hari, variable kadang bisa diantisipasi dan lama-lama variable juga bisa pindah ke contant.

Contoh soal, gua tiap hari bangun, mandi, kerja, terus jemput anak di child care, pulang, ngurus anak, tidur.... and then the cycle goes on and on and on.... you get the picture. Nah variable tuh kalo misalnya lagi jemput anak di child care tahunya gua diusir sama city ranger yang memenuhi keserakahan council (emang salah gua juga parkir di tempat yang nggak semestinya). Tapi minggu kemaren aja 5 kali gua jemput 3 kali gua diusir, rate of pengusiran 60%. Makanya gua bilang council makin serakah, gampang dapet duit dari pelanggaran kecil begni, coba suruh nangkep kriminal, pada mundur deh.... Anyway ini kan jadi variable (pengusiran), jadi kepaksa gua mesti muter dan waktu gua abis buat muter di jalan-jalan macet dan sempit. Tapi kalo rate pengusiran ini tinggi begitu, akhirnya yah pengusiran ini jadi biasa buat gua dan akhirnya pindah dari variable ke constant.

Nah kemaren ini tuh ada variable yang baru, ada temen gua dateng dari Indonesia (terakhir dia dateng 5 tahun yang lalu kali), sekeluarga, bawa anak, istri, mertua, adek ipar pokoknya banyak banget deh. Karena ini variable baru yang jarang terjadi (temen gua dikit) jadi kegiatan gua tuh nggak bisa ditebak. Mana temen gua kalo ditanya mau ke mana jawabannya monoton - "terserah", makin bingung kan. Paling juga sama dia, trip ini kan bukan constant-nya dia. Jadi sibuk deh gua mikir ke tempat mana aja yah turis kalo di sini, masa gua ajak ke kantor (tutup juga kalo hari Sabtu). Jadi kepaksa deh ngikutin cliche turis-turis, gua ajak ke Darling Harbour.

Ternyata nggak cuman gua yang ngerasain ini, di Darling Harbour gua ketemuan sama temen gua yang laen (yang walaupun kita tinggal deket banget) yang gua nggak pernah ketemu, dia juga sama deh, nganterin adeknya yang baru dateng dan kita bisa end up di tempat yang sama. Dan kalo temen gua sekeluarga hari ini nggak ada acara ternyata acara hari ini tuh sama juga, ke Taronga Zoo.....

No comments: